Hatta: Kemendikbud tidak terkena pemotongan anggaran

menteri koordinator bidang perekonomian hatta rajasa menyatakan kementerian studi serta kebudayaan merupakan salah Salah satu kementerian dan tak terkena pemotongan anggaran.

pemangkasan paling besar terjadi dalam 15 kementerian lembaga dan mempunyai anggaran sulit, kecuali kemendikbud, karena diatur pada undang-undang harus 20 persen dari total apbn, ujarnya saat ditemui sebelum rapat koordinasi membahas pemotongan shopping kementerian lembaga pada jakarta, rabu.

hatta mengatakan rencana pemotongan shopping kementerian lembaga itu dilaksanakan untuk menahan pelebaran defisit anggaran juga terjadi pada belanja dan tidak mengikat seperti perjalanan dinas juga pembangunan gedung.

menurut dia, pemotongan tersebut diselenggarakan secara proposional pada setiap kementerian lembaga sesuai melalui alokasi anggaran selama rencana kerja pemerintah juga proses pengadaan barang juga jasa.

Informasi Lainnya:

kita hanya pilih besarannya dan menurut proporsinya. itu tidak hanya persentasi seberapa besar anggarannya, tapi serta rencana kerjanya, katanya.

menteri perencanaan pembangunan nasional/kepala bappenas armida alisjahbana menyatakan proses pemotongan ini adalah upaya supaya memelihara ketahanan fiskal juga untuk anggaran shopping negara lebih efisien.

tentu ini tak gampang, sebab ini sudah bulan mei, makanya yang betul-betul mampu dikurangi lagi pasti yang tidak menganggu target, katanya

armida meyakinkan shopping kementerian lembaga yang terkena pemotongan tersebut diantara lain shopping non operasional yang masih bisa ditunda pelaksanaannya, dan tak mengganggu target pelaksanaan pembangunan.

tentu setiap kementerian lembaga berbeda (pemotongannya), tidak dapat dipukul rata. manakala kami mampu yang diminta 10 persen rupiah murni (dari anggaran k/l), bukan total anggaran, katanya.