Media berperan dalam keberhasilan pemilu

media massa berperan penting mendatangkan kualitas juga keberhasilan pemilihan publik (pemilu), baik presiden maupun kepala daerah, papar wakil ketua badan pengawas pemilu (bawaslu) indonesia, nasrulah

sebagai pilar ke empat demokrasi, media massa memegang peranan penting agar menetukan keberhasilan dan mutu pemilu selama tanah air maupun di masing-masing daerah, ujarnya ketika menjalankan pelatihan pengawasn pemilu bagi media massa juga organisasi massa dalam ambon, sabtu.

dia mengakui, peran media tidak bisa dikesampingkan sebab apabila pemberitaan perihal suatu masalah negatif, maka mau berdampak mengembangkan sentimen negatif pada penduduk.

sehebat bagaimana pun penyelenggara bekerja supaya menghasilkan pemilu berkualitas, sementara tidak didukung pemberitaan media yang positif, maka akan berdampak negatif di warga, katanya.

Informasi Lainnya:

dia pun menilai, pemilu dalam indonesia masih mengecewakan daripada dan diinginkan dalam membuka demokrasi tersebut.

begitu pun pemilihan publik kepala daerah (pemilukada) selama indonesia, dinilainya, terus mengecewakan, diantara lain dananya selalu dalam atas rp1 miliar, bahkan ada pilihan provinsi yang biayanya bisa mencapai rp1 triliun.

oleh karena itu, nasrulah menungkapkan, bawaslu memiliki kepentingan besar melibatkan partisipasi media di pemilu 2014 maupun pemilukada di berbagai daerah, dengan pemberitaan-pemberitaan yang berimbang serta berdampak positif untuk menggalang partisipasi penduduk di menyukseskannya.

kami amat berkepentingan untuk mengembangkan sinergitas serta keterlibatan media massa, serta organisasi warga agar menyukseskan penyelenggaraan pemilu 2014, maupun pemilukada pada masing-masing daerah, supaya berlangsung dengan jujur, adil serta bermartabat terlebih meningkatkan partisipasi masyarakat mensukseskannya, katanya.

dia mencontohkan, partisipasi masyarakat menyalurkan masukan politiknya dalam pemilukada jawa barat hanya 60 persen serta di sumatera utara 50 persen, karena kecenderungan masyarakat yang tidak mempercayai netralitas para penyelenggara.

berkaitan dengan penyelenggaraan pemilukada gubernur dan wakil gubernur maluku dan akan berlangsung juni 2013, berdasarkan nasrulah, pihaknya akan mengakibatkan bawaslu di daerah ini untuk membangun sinergitas juga kerja sama melalui semua media.

hal ini, dikemukakannya, supaya pemilukada maluku berjalan lancar, terlebih menjamin tingginya partisipasi masyarakat agar menyalurkan aspirasi politiknya.

karakteristik maluku dan terdiri daripada ribuan pulau dan dipisahkan lautan luas dan keterbatasan transportasi, tentu menimbulkan kesulitan amat besar, khususnya agar menggarap pengawasan, ujarnya.

ia menimpali, sebab tersebut, media mampu untuk mata dan telinga bawaslu supaya mengukur keberhasilan maupun menginventarisasi semua pelanggaran yang terjadi dalam lapangan.

nasrulah harapkan, media massa pada maluku mampu memainkan peran studi politik dan berkualitas dalam tengah-tengah penduduk, sekaligus meningkatkan partisipasi masyarakat pada pilkada juni 2013.