Pramuka NU gelar jambore nasional pertama

pramuka dalam lingkungan lembaga pendidikan nahdlatul ulama mau menggelar jambore nasional di mojoagung, kabupaten jombang, jawa timur selama 24--29 juni 2013.

ini jambore nasional pertama pada lingkungan pendidikan nu, tutur ketua pengurus pusat lembaga pendidikan (pp lp) ma`arif nu hz arifin junaidi ketika launching jambore nasional bertema perkemahan wirakarya ma`arif nu nasional (perwimanas) selama jakarta, sabtu.

hadir di acara tersebut wakil ketua kwartir nasional pramuka jenis organisasi serta kerja sama amoroso katamsi, menteri pembangunan daerah tertinggal helmy faishal zaini, jajaran panitia pusat dan daerah, dan sederat anggota pramuka dalam lingkungan pendidikan nu.

menurut arifin, sampai ketika ini telah terdaftar sebanyak 1216 audien dari 19 provinsi yakni dari bali, jawa timur, jawa sedang, jawa barat, banten, diy, kalimantan barat, kalimantan tengah, kalimantan timur, bangka belitung, maluku utara, sulawesi tengah, sumatera utara, ntb, lampung, bengkulu, dki, dan jambi.

Informasi Lainnya:

target kita semua provinsi mampu mengutus putra terbaiknya, ujarnya.

menurut dia, acara jambore nasional nanti selain diisi dengan model kepramukaan serta hendak diperkaya melalui seluruh kegiatan seperti pelatihan kepemimpinan, jurnalistik, dialog juga penyuluhan perihal hiv/aids, serta pentas budaya.

selain itu, lanjut dia, dalam acara jambore nanti pihaknya sekaligus hendak meluncurkan gugus satuan komunitas pramuka dan menghimpun semua gugus kepramukaan pada lingkungan lp ma`arif nu mulai daripada satuan pendidikan, cabang, wilayah, dan nasional sebagaimana disarankan kwarnas.

arifin menyampaikan lp ma`arif nu, yang mengurus pendidikan formal dari tingkat dasar juga menengah dalam lingkungan nu, membawahi 13 ribu sekolah, sepertiga pada antaranya sekolah publik, melalui angka siswa kurang lebih sembilan juta siswa dan dalam ini turut menyukseskan program-program kepramukaan dan dilaksanakan oleh kwarnas, kwarda, serta kwarcab.

organisasi kepramukaan selama sekolah serta madrasah kami sangat massif. malahan supaya wilayah jawa timur, aktifitas perkemahan sudah rutin kami laksanakan setiap tahun dengan menyertakan perwakilan gugus depan paling pas dalam masing-masing cabang, katanya.

oleh karena itu, pihaknya optimistis bisa menciptakan gugus satuan komunitas pramuka di lingkungan lp ma`arif nu.

karena kami mengikuti persyaratan pembentukan gugus satuan komunitas, dan dalam antaranya adalah mempunyai kepengurusan wilayah minimal dalam lima provinsi, tutur arifin.