Bandara dilengkapi scanner suhu tubuh demi antisipasi H7N9

kementerian kesehatan menyiapkan alat pemindai suhu tubuh (thermal scanner) di bandar udara dan pelabuhan laut internasional dijadikan antisipasi penularan wabah flu burung bidang masih h7n9 dan melanda china.

kita telah mengecek juga semua peralatan dalam keadaan siap, hanya sudah banyak kesepakatan who melalui negara kawasan asia tenggara supaya belum mengaktifkan alat itu ketika ini, kata direktur jenderal pengendalian penyakit dan penyehatan lingkungan (p2pl) kementerian kesehatan tjandra yoga aditama di surat elektroniknya pada jakarta, senin.

dinas kesehatan dalam semua provinsi, tutur dia, dan telah diminta agar siaga mengamati kemungkinan munculnya jumlah flu burung di wilayahnya, tergolong bagi jenis baru h7n9.

saya telah mengirimkan beberapa kali surat edaran serta meng-update situasi dari waktu ke waktu. dinas kesehatan dan diminta supaya mencek logistik yang banyak, seperti apd juga oseltamivir, kata tjandra.

Informasi Lainnya:

rumah sakit juga diminta agar mempersiapkan sarana dan prasarana dan mewaspadai manakala banyak kejadian infeksi saluran pernafasan akut (sari/severe acute respiratory infection) dan tak detail penyebabnya juga untuk ditangani melalui saksama.

rumah sakit dan diminta mencatat kasus-kasus dan dicurigai ke ditjen pengendalian penyakit serta penyehatan lingkungan (p2pl) kementerian kesehatan, kata tjandra.

kementerian kesehatan juga mulai mengerjakan kegiatan surveilans bagi persentasi penyakit menyerupai influenza (ili/influenza like ilness) juga sari melalui ketat juga menggarap koordinasi dengan kementerian pertanian untuk surveilans terhadap hewan.