Empat calon bos WTO tersisih

dua kandidat daripada afrika tumbang pada pencalonan untuk direktur jenderal organisasi perdagangan dunia (wto), bersama dua kandidat yang lain dari costa rica dan yordania.

ketidaklolosan keempat kandidat ini mebuat marah negara berkembang, papar duta sulit kenya supaya wto anthony andanje terhadap afp.

mereka bilang dalam kami bahwa kaum calon daripada ghana, costa rica, kenya serta yordania tidak didukung luas, tutur andanje di jenewa.

andanje menyampaikan kenya benar-benar tak senang atas jalannya proses pencalonan bos wto tersebut.

Informasi Lainnya:

proses seleksinya cacat dan prosedurnya telah dilanggar, tutur dia semisal dikutip afp.

sembilan kandidat hendak berlomba menggantikan pascal lamy dan orang prancis dan mantan komisi perdagangan uni eropa yang sudah empat tahun memimpin wto.

negara-negara berkembang berlomba mencalonkan diri agar pemilihan 1 september yang akan datang.

namun tersisihnya mantan dubes kenya dalam wto amina mohamed, menteri perdagangan costa rica anabel gonzalez, ahmad hindawi daripada yordania juga alan kyerematen daripada ghana, membuat dubes brazil supaya wto roberto azevedo adalah favorit memimpin wto.

namun calon kunci lainnya dari indonesia menparekraf mari pangestu menjadi salah Satu daripada tiga kandidat perempuan untuk mengetuai wto.

calon-calon yang lain adalah wakil mexico herminio blanco mendoza, taeho bark dari korea selatan dan tim groser daripada selandia baru.

tidak seperi badan pbb yang lain, ketua wto dijalani menurut sistem konsensus.

didirikan pada 1995, wto bertujuan memajukan negosiasi perdagangan global demi pertumbuhan dengan membuka pasar dan menyingkirkan hambatan perdagangan, tergolong subsidi, pajak yang tinggi juga regulasi.