China sangat cemas pada Jepang dan Taiwan

china amat takut setelah jepang juga taiwan menandatangani perjanjian penangkapan ikan pada laut kurang lebih kelompok pulau bersengketa selama laut china timur, yang jadi pusat konflik beijing melalui tokyo.

kami amat cemas pada jepang serta taiwan, dan membicarakan dan menandatangani perjanjian penangkapan ikan, kata juru bicara kementerian luar negeri china, hong lei, pada jumpa wartawan, di beijing, rabu.

kami mengharapkan jepang melalui sungguh-sungguh menaati janji-janjinya tentang masalah taiwan juga bertindak hati-hati serta baik, ujarnya.

jepang memiliki hubungan diplomatik cuma melalui china; dan mengakui taiwan dijadikan wilayah china, sementara negara itu mempertahankan hubungan ekonomi erat serta kebudayaan melalui taiwan.

china juga taiwan memiliki pemerintahan terpisah sejak pasukan nasionalis dikalahkan dan lari ke pulau tersebut pada akhir perang saudara melalui komunis selama 1949. china, kalau perlu hendak mencari kekuatan militer untuk mengembalikan taiwan dibawah kekuasaannya.

Informasi Lainnya:

kendati china selama umumnya senang pada taiwan menandatangani perjanjian-perjanjian perdagangan serta usaha dengan negara-negara lain tampaknya negara tersebut tak setuju di perjanjian-perjanjian dan menyatakan taiwan adalah Satu negara dan berdaulat.

jepang mencapai kata sepakat dengan taiwan untuk mengizinkan kapal-kapal nelayan taiwan beroperasi selama bagian dari zona ekslusif jepang dalam sekitar pulau-pulau yang dipelajari jepang, ternyata juga diklaim oleh china dan taiwan.