Indonesia diharapkan sampaikan pesan terang ke Korea Utara

duta sulit korea selatan supaya indonesia, kim young-sun, mengatakan, indonesia mampu mengambil peran konstruktif meredam ketegangan dalam semenanjung korea yang intensitasnya terus meningkat beberapa waktu terakhir.

saya berharap indonesia bisa memainkan peran konstruktif untuk mempererat hubungan antar dua negara korea, mengingat indonesia mempunyai hubungan bagus bersama korea utara serta korea selatan, papar kim, pada jakarta, jumat.

menurut kim, indonesia sangat bersesuaian memainkan peran konstruktif itu mengingat pengalaman yang cukup kuat di menengahi juga ikut membantu penyelesaian semua konflik di kawasan asia-pasifik.

indonesia merupakan salah Salah satu negara pemimpin kawasan ini (asia tenggara), dengan demikian peran konstruktif adalah peran yang tidak keliru, ujar dia.

Informasi Lainnya:

sebagai ilustrasi, indonesia sudah sukses memfasilitasi proses rekonsiliasi faksi-faksi bertikai selama kamboja dengan forum jakarta informal forum i serta ii. inisiatif indonesia pada waktu orde baru tersebut masih merupakan acuan kepada ada negara selama dunia.

dari pihak historis, presiden soekarno berteman baik dengan pemimpin korea utara (saat itu), kim il-sung. puterinya, megawati sekarnoputri, yang kemudian dan merupakan presiden indonesia, serta melewati waktu kebaikan hubungan menarik kedua negara itu, bersama putera kim senior, kim jong-il.

bahkan, soekarno memberi hadiah sekaligus kenangan pertalian hubungan baik kedua negara tersebut pada kim senior melalui bunga anggrek dendrobium silangan khusus, yang diberi nama dendrobium kim il-sungia. bunga untuk kakek pemimpin masa sekarang korea utara, kim jong-un, itu gampang dijumpai sampai sekarang.

duta besar kim mengajarkan, indonesia perlu mengirimkan pesan perdamaian yang terang terhadap korea utara agar mengikuti koordinasi dengan komunitas dunia internasional. saya yakin penanaman kepercayaan antar kedua korea dan menjadi kunci menuju penghentian ketegangan mesti memperoleh sokongan dari dunia internasional.

kim menyebutkan di tengah sorotan serta semua peringatan dari dunia internasional, korut tetap meluncurkan senjata hulu ledak jarak jauh selama 12 desember lalu dan melangsungkan percobaan nuklir pada 12 februari 2013.

korut dan belakangan berkali-kali berupaya meningkatkan ketegangan selama semenanjung korea dengan serangkaian pernyataan provokatif, katanya.

menurut dia, serangkaian retorika berperang dari pyongyang mempunyai dua objek wisata utama, yakni untuk meningkatkan soliditas dan kepercayaan kekuatan dalam negeri, dan untuk mendesak dunia internasional menerima korut sebagai salah Salah satu negara nuklir.

pemerintah korsel selama dasarnya menginginkan banyak berubahnya hubungan antara kedua negara korea dari saling curiga dan penuh konfrontasi adalah kedamaian berbasis kepercayaan.

meski itulah, dubes kim menegaskan pemerintahnya tak hendak kembali diam jika bagian korut melakukan provokasi yang sudah dianggap berlebihan.

kami ingin siap merespon provokasi dan lebih lanjut daripada utara juga tetap beriringan bersama dunia internasional supaya mengingatkan mereka (korut) untuk melupakan ambisi mereka menguasai senjata nuklir dan merupakan anggota yang bertanggung jawab dalam hubungan global, papar kim.