Pangdam XVII Cendrawasih: perayaan 1 Mei dipusatkan di Sorong

perayaan 1 mei ataupun hari kembalinya papua ke pangkuan nkri (negara kesatuan republik indonesia) rencananya ingin dipusatkan dalam wilayah sorong, papua barat. itulah diutarakan pangdam xvii/cenderawasih mayjen tni christian zebua kepada wartawan, jumat pada sentani.

seluruh papua diharapkan dapat merayakannya, ujar pangdam.

pangdam menunjukan perayaan 1 mei kali ini berpusat di sorong sebab berdasarkan sejarah, tentara indonesia mulai mengusir penjajah diawali di wilayah sorong.

nah akhirnya diputuskan ingin dirayakan cukup besar-besaran selama sorong, tegasnya.

Informasi Lainnya:

ia menyatakan perayaan 1 mei di sorong ini ingin dilakukan oleh gubernur papua barat dan perangkatnya dibantu oleh jajaran tni.

bisa jadi tahun depan mau diselenggarakan pula dalam jayapura, tersebut tidak menutup kemungkinan, urainya.

pangdam menambahkan perayaan tinggal papua ke pangkuan nkri ini hendak dilaksanakan dengan bergantian di beberapa wilayah selama papua maupun dalam papua barat.

perayaan kembalinya papua ke pangkuan nkri yang jatuh di tanggal 1 mei tersebut, biasanya daripada tahun ke tahun dirayakan secara besar-besaran oleh tni dibantu melalui pemerintah daerah setempat.

hal ini dibuat untuk masyarakat mengingat kembali jasa-jasa pahlawan dan sudah mengorbankan nyawanya untuk merebut kemerdekaan yang ketika ini dikunjungi penduduk luas pada bumi cenderawasih.