Turis ASEAN jadi pasar potensial pariwisata DIY

wisatawan asing yang berasal dari sederat negara di wilayah asean merupakan pasar potensial dan bisa digarap lebih serius oleh para pelaku pariwisata di diy.

berdasarkan grafik kunjungan wisatawan asing ke diy, angka wisatawan dari negara-negara asean khususnya singapura, malaysia dan thailand terus mengalami peningkatan yang menggembirakan, tutur ketua association of the indonesia tours and travels (asita) yogyakarta edwin ismedi himna dalam yogyakarta, jumat.

menurut dia, tingginya persentasi wisatawan asing dari asean yang berkunjung ke yogyakarta dipengaruhi dengan sejumlah aspek semisal jarak yang tak begitu jauh serta transportasi dan kian tidak rumit.

upaya supaya meningkatkan kunjungan wisatawan asing terutama daripada asean hendak dilakukan dengan upaya promosi, salah satunya yang paling tidak jauh adalah jogja travel mart 2013 dan hendak digelar dalam 5--8 mei.

Informasi Lainnya:

edwin menungkapkan, di kegiatan beriklan pariwisata itu, paling tidak ingin dihadiri oleh 130 buyers dari sederat negara seperti pelaku wisata pada malaysia, singapura, thailand, australia, korea, jepang, rusia serta india.

selain dikuti pelaku wisata daripada luar negeri, kegiatan itu juga mau dihadiri oleh sekitar 55 buyers domestik yang serta masih merupakan pasar potensial kepada pelaku wisata dalam diy.

kami akan mengajak para pelaku wisata tersebut mengunjungi sejumlah website lokasi wisata dan banyak dalam yogyakarta dan sekitarnya supaya lebih menjelaskan tujuan-tujuan wisata itu kepada wisatawan asing, katanya.

sejumlah lokasi wisata dan hendak dikunjungi di antaranya lava tour merapi membeli jeep, dan sederat wisata budaya dan telah merupakan ikon yogyakarta seperti malioboro, keraton yogyakarta serta juga candi borobudur.

berdasarkan data dari dinas pariwisata diy pada 2012, wisatawan yang berkunjung ke diy mencapai 2,4 juta orang, dan 190.000 pada antaranya merupakan wisatawan asing. angka wisatawan asing itu mengalami kenaikan 18 persen dibanding tahun sebelumnya.

wisatawan asing dan paling banyak berkunjung ke yogyakarta berasal daripada belanda, perancis, malaysia, singapura serta australia.

kami berharap, dengan jogja travel mart ini, kunjungan wisatawan daripada negara-negara asean dapat selalu meningkat. apalagi, hendak ada wisata minat khusus dan menantang, semisal arung jeram di sungai progo, panjat tebing dalam pantai siung, jelajah goa dan lainnya, kata kepala jenis pemasaran dinas pariwisata diy heri lencono.