Penyidik KPK ke AS, periksa Sri Mulyani

komisi pemberantasan korupsi (kpk) ingin memeriksa mantan menteri keuangan sri mulyani indrawati dalam washington dc, amerika serikat, mengenai jumlah dugaan korupsi fasilitas pinjaman jangka pendek dan penetapan bank century dibuat bank gagal berdampak sistemik.

tim penyidik persentasi century sudah pergi ke amerika serikat hari ini supaya menggarap pemeriksaan saksi atas nama sri mulyani, kata juru bicara kpk johan budi dalam jakarta, senin.

keterangan direktur pelaksana bank dunia ini dianggap diperlukan karena pernah menjabat ketua komite kebijakan sektor keuangan (kksk) yakni komite pengambil keputusan pemberian fasilitas pinjaman jangka pendek (fpjp).

tim terdiri atas tiga orang penyidik berikut melalui kepala satgasnya ingin memeriksa ibu sri mulyani pada kedutaan besar republik indonesia di washington dc, semakin johan budi.

Informasi Lainnya:

tim kpk hendak berada di washington dc di kurang lebih tiga hari, sedsangkan rencana pemeriksaan saksi pada tokyo dibatalkan sebab saksi sudah berpindah tugas.

johan tidak mengajarkan mana ada saksi yang rencananya diperiksa di tokyo tersebut.

dalam angka ini, kpk masih menetapkan mantan deputi bidang iv pengelolaan devisa bank indonesia budi mulya dibuat tersangka pada 7 desember 2012, akan tetapi mantan deputi bidang v pengawasan bi siti chodijah fajriah dianggap bisa dimintai pertanggungjawaban hukum.

pemberian pinjaman ke bank century bermula ketika bank ini mengalami kesulitan likuiditas oktober 2008. manajemen century laku berkirim surat ke bi dalam 30 oktober 2008 agar menyewa fasilitas repo aset sebesar rp1 triliun.

century tak memenuhi syarat membeli fpjp sebab kesulitan likuiditas century sudah mendasar akibat penarikan dana nasabah dalam jumlah besar terus-menerus.

rasio kecukupan modal (car) century juga tak mencukupi, hanya 2,02 persen, padahal, syarat memperoleh santunan adalah car harus 8 persen.

audit badan pemeriksa keuangan mengambil kesimpulan bank indonesia tidak tegas kepada bank milik robert tantular ini sebab diduga mengotak-atik peraturan yang terbuat sendiri agar century bisa mendapat fpjp melalui mengubah peraturan bank indonesia no 10/26/pbi/2008 mengenai persyaratan pemberian fpjp dari semula car 8 persen menjadi car positif.

bpk menduga perubahan ini hanya rekayasa supaya century mendapat fasilitas pinjaman sebab menurut data bi, posisi car bank umum per 30 september 2008 ada selama atas 8 persen --10,39 - 476,34 persen--, melalui satu-satunya bank yang car-nya dalam bawah 8 persen, yakni century.

bi akhirnya menyetujui pemberian fpjp terhadap century sebesar rp502,07 miliar karena car century telah mengikuti syarat pbi; belakangan bi bahkan memberi tambahan fpjp rp187,32 miliar makanya total fpjp dan diberikan bi terhadap century rp689 miliar.

posisi car century akan tetapi telah negatif 3,53 bahkan dari sebelum persetujuan fpjp. artinya bpk menilai bi melanggar pbi no 10/30/pbi/2008 yang menungkapkan bank dan bisa mengajukan fpjp adalah bank dengan car positif.

selain itu garansi fpjp century cuma rp467,99 miliar atau hanya 83 persen juga ini melanggar pbi no 10/30/pbi/2008 tentang garansi kredit.