Jamsostek serahkan santunan Rp2,22 miliar pada ABK

pt jamsostek memberikan bantuan senilai rp2,22 miliar pada ahli waris 11 anak buah kapal pt pelayaran tirtacipta mulyapersada dan tewas serta hilang saat kapal tirta samudera xxi yang mereka awaki tenggelam pada karimun jawa, 10 januari 2012.

direktur pelayanan pt jamsostek achmad riadi ketika menyerahkan santunan dengan simbolis terhadap salah Salah satu ahli waris dalam acara konsultasi teknis dokter penasehat tingkat nasional 2013 dalam batam, rabu mengatakan pihaknya masih dapat membayarkan bantuan karena menunggu kesiapan ahli waris.

kapal tirta samudera xxi yang bermuatan minyak sterin berangkat dibandingkan pelabuhan plaju marina, palembang, menuju pelabuhan gresik. dalam perairan karimun jawa kapal miring ke kanan 12 derajat serta bocor sesudah sebelumnya terombang ambing akibat cuaca buruk.

segala upaya diselenggarakan abk supaya menghubungi tim sar semarang dan basarnas pusat, tetapi kapal tidak mampu diselamatkan. para abk kemudian menyelamatkan diri melalui memakai life raft juga sekoci.

tim sar semarang dengan pantauan helikopter sempat menyaksikan kaum abk dan menyerahkan santunan logistik, sementara ketika hendak menurunkan alat komunikasi gagal dilakukan sebab terhalang kabut dan sekoci hilang dibandingkan pantauan.

Baca Juga: cincin kawin murah - cincin couple - perak murah - cincin perak murah

tim basarnas melakukan pencarian 11--17 januari serta menemukan dua korban tewas, sembilan hilang dan Satu selamat.

pt jamsostek batam ii sudah melayani laporan kasus tersebut melalui email dalam 22 januari 2013. proses pembayaran baru dapat diselenggarakan dalam april sebab menanti surat keputusan daripada basarnas juga kelengkapan berkas dari masing-masing ahli waris dan tersebar dalam seluruh wilayah indonesia.

total nilai bantuan rp2,22 miliar kepada ke-11 korban. santunan diserahkan dengan dirjen pembinaan pengawasan ketenagakerjaan kemenakertrans muji handoyo melalui ditemani riadi dan kakanwil ii pt jamsostek marseli tamboyong melalui disaksikan dengan gm pt pelayaran tirtacipta mukyapersada wagiman dan sekitar 57 dokter peserta pertemuan dokter penasehat.

sri hartati, isteri dari abk almarhum kambali melayani santunan senilai rp103,1 juta. penerima bantuan yang lain merupakan ahli waris dibandingkan alfenus panjaitan, alim yusuf, david banjarnahor, hasanuddin, herry martuanto, ibrahim. izak steven, m lutfi ulsar iskandar, muttaqin dan pengizinta sitepu.

besaran bantuan bervariasi sesuai melalui mutu upah dan dilaporkan. besaran bantuan terkecil rp79 juta dan paling besar rp465 juta.

pt pelayaran merupakan perusahan binaan pt jamsostek kantor cabang batam ii serta terdaftar sejak februari 2011, mengikuti tiga situs jaminan sosial dengan total 345 pekerja dan terdaftar aktif serta total menyewa iuran rp128 juta perbulan.

pt jamsostek kantor cabang batam ii di lalu sudah meminta garansi kecelakan kerja senilai rp4.465 miliar agar 2.669 jumlah.